Monday, August 11, 2014

Ayat or Hadits of The Day: Batas Waktu Diterimanya Taubat

By Unknown   Posted at  7:37 AM   SPM No comments


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ




Artinya:
Dari Abu Hurairah ra,ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya,maka Allah akan menerima taubatnya"

Maraji'ul Hadits (Referensi Hadits)
1.Shahih Muslim:Hadits nomor 2703

Fiqhul Hadits (Kandungan Hadits)
Allah SWT menerima taubat dari hamba-hambaNya dan memaafkan semua kesalahan, jika taubat itu dilaksanakannya sebelum batas waktu yang ditentukan, di antaranya sebelum matahari terbit dari barat.
Allah SWT berfirman:
"...Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Rabbmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu,atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya..." (Al-An'am:158)
Yaitu ketika matahari terbit dari barat. Jika manusia menyaksikan matahari dari barat,maka pada saat itu dimana iman seseorang tidak lagi bermanfaat, sebagaimana dijelaskan dalam gadits Abu Hurairah ra dari Al-Bukhari (VII/297-Fat-h)

Demikian penjabaran dari hadits ini, yang baik datangnya dari Allah yang tidak baik datangnya dari penulis, saran dan kritik atas rubik ini dengan besar hati dapat disampaikan kepada penulis via twitter (@eganingrum). Wassalamu'alaikum Wr Wb

Source:
Syaikh Salim bin 'Ied Al-Hilal. Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhis Shaalihin.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 comments:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 SKI Al-Hajj FKG Usakti. WP Mythemeshop Converted by BloggerTheme9
Blogger templates. | Distributed by Rocking Templates Proudly Powered by Blogger.