Saturday, August 9, 2014

Ayat or Hadits of The Day

By Unknown   Posted at  5:38 AM   Artikel 1 comment

Surah ke-104: "AL-HUMAZAH"

Artinya:
  1. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, 
  2. Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung,
  3. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,
  4. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya Dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.
  5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?
  6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,
  7. Yang (membakar) sampai ke hati.
  8.  Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,
  9. (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.
Azbabunnuzul
Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Utsman dan Ibnu Umar yang berkata, "Kami acapkali mendengar bahwa ayat ini turun berkenaan dengan Ubai bin Khalaf."

Diriwayatkan bahwa Suddi berkata, "Ayat ini turun berkenaan dengan al-Akhnas bin Syuraik."

Ibnu Jarir meriwayatkan dari seorang laki-laki yang saleh yang berkata, "Ayat ini turun berkenaan dengan Jamil bin 'Amir al-Jumahi."

Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu Ishak yang berkata, "Setiap kali Umayyah bin Khalaf bertemu dengan Rasulullah maka ia selalu menghina dan mencaci beliau. Allah lalu menurunkan ayat-ayat dalam surah ini secara keseluruhan."

Tafsir
"Kecelakaanlah bagi Setiap pengumpat lagi pencela," al-hammaz itu adalah mengumpat dengan perkataan, sedangkan allamaz adalah mencela dengan perbuatan. Yaitu, memandang hina dan meremehkan manusia. Hal ini telah diuraikan pada firman Allah Ta'ala, "hammazin, masyaain, bi namiim," yaitu surah Al-Qalam ayat 11. Ibnu Abbas mengatakan, "Hummazah lumazah itu adalah orang yang suka menebarkan cacat dan aib orang lain". Qatadah mengatakan, "Al-hummazah dan lumazah itu adalah dengan lidah dan matanya, serta memakan daging-daging manusia dan mencerca mereka." Mujahid mengatakan, "Al-hummazah  itu adalah tangan dan matanya, sedangkan al-lumazah itu adalah orang yang suka mencela orang lain dengan terang-terangan."

Firman Allah Ta'ala, "Yang mengumpulkan harta serta menghitung-hitungnya" yaitu mengumpulkan sebagian hartanya dengan sebagian yang lain, kemudian menghitung-hitungnya. Firman Allah Ta'ala, "Dan mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya," yaitu dia mengira bahwa usahanya mengumpulkan harta akan membuatnya kekal di dalam kehidupan dunia ini. "sekali-kali tidak" Permasalahannya tidak seperti yang dia sangka. kemudian Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah, " yaitu akan dilemparkan ke dalam api neraka. Dikatakan huthamah 'penghancur' sebab neraka itu dapat menghancurkan penghuni yang berada di dalamnya. Itulah sebabnya, selanjutnya Allah Ta'ala berfirman, "Dan tahukah kamu apakah Huthamah itu? Api Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati," yaitu yang membakar mereka hidup-hidup sampai ke hati.

Penafsiran firman Allah Ta'ala, "Sesungguhnya api ditutup rapat atas mereka" telah diuraikan dalam surah Al-Balad. Firman Allah Ta'ala, "Diikat pada tiang-tiang yang panjang, yakni diikat pada tiang-tiang api yang panjang.

Demikianlah, ringkasan tafsir surah al-Humazah. Segala puji dan nikmat hanyalah milik Allah yang baik datangnya dari Allah yang tidak baik datangnya dari penulis, saran dan kritik atas rubik ini dengan besar hati dapat disampaikan kepada penulis via twitter (@eganingrum). Wassalamualaikum Wr Wb

Source
Muhammad Nasib ar-Rifa'i.1989. Tafsiru al-Aliyyul Qadir li Ikhtishari Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 4. RiyadhMaktabah Ma'arif.
Jalaluddin as-Sayuthi. Lubaabun Nuquul fii Asbaabin Nuzuul. Kairo:Darut-Taqwa.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

1 comment:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 SKI Al-Hajj FKG Usakti. WP Mythemeshop Converted by BloggerTheme9
Blogger templates. | Distributed by Rocking Templates Proudly Powered by Blogger.